Sunday, November 20, 2011

Menolong dalam Kesetiaan


Happy sunday! Hari ini tanggal 20-11-2011 kinda good looking, rite? ;)
i felt so blessed today after church-ing with mommy di GMIM Kristus Manado. Tadi ibadahnya dipimpin oleh Hamba TUHAN dari SAAT Malang dan tema khotbahnya yaitu "Menolong dalam Kesetiaan"
Firman Tuhan tadi daleem banget karna menceritakan tentang persahabatan Daud dan Yonatan yang sungguh tulus. Pembacaan Alkitabnya dlm 1 Samuel 20.
Dlm khotbahnya tadi, Pdt-nya menyinggung tentang persahabatan Daud dan Yonatan yang saling tolong-menolong walaupun sebenarnya mereka berdua harusnya bermusuhan karna Yonatan adalah anak raja Saul yang jelas-jelas membenci Daud dan ingin membunuh Daud. Namun Yonatan punya hati yang tulus untuk menolong sahabatnya itu sehingga ayahnya tidak dapat membunuh Daud. Mereka berdua bahkan punya perjanjian untuk tidak saling melupakan sampai pada keturunan-keturunan mereka.
Begitu juga dengan Daud, setelah kematian Saul dan Yonatan, dia tetap mengingat perjanjiannya dengan Yonatan sehingga dia tidak memusnahkan keturuan Yonatan bahkan meminta anak Yonatan yang masih tersisa untuk tinggal dan makan sehidangan dengan Daud yang saat itu sudah menjadi Raja Israel.
Sungguh persahabatan Daud dan Yonatan benar-benar menggugah hati saya. Saya diajar lagi oleh TUHAN untuk menolong orang lain dengan tulus dan tanpa pamrih. Trus, diajar juga untuk menolong dalam kesetiaan. Maksudnya disini yaitu kita setia untuk terus menolong orang lain sekalipun mungkin kita pernah mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari orang yang pernah kita tolong, misalnya kita dikecewakan. Jangan biarkan hal-hal yang seperti itu membuat kita untuk berhenti menolong orang-orang disekitar kita yang sangat mebutuhkan pertolongan kita. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dengan orang-orang yang pernah kita tolong pada beberapa tahun kedepan. Siapa yang tahu kalau nantinya orang-orang yang pernah kita tolong nantinya akan menolong kita juga.
Ingatlah bahwa ketika kita menolong orang lain itu semua adalah bagian dari rencana dan kehendak TUHAN dalam hidup kita yaitu kita menjadi berkat, menjadi garam dan terang bagi orang lain. Sehingga lewat sikap hidup kita yang menolong dengan tulus dan dalam kesetiaan, nama TUHAN akan dipermuliakan.

Firman Tuhan tentang persahabatan hari ini juga mengingatkan saya pada sahabat-sahabat saya. Sehingga saya teringat sebuah ayat dalam Amsal 17:17

No comments:

Post a Comment